About

Carignan (juga dikenal sebagai Mazuelo, Bovale Grande, Cariñena, Carinyena, Samsó, Carignane, dan Carignano) adalah varietas anggur merah asal Spanyol yang lebih umum ditemukan dalam anggur Prancis tetapi banyak ditanam di seluruh Mediterania barat dan di seluruh dunia. Seiring dengan Aramon, itu dianggap sebagai salah satu anggur utama yang bertanggung jawab atas danau anggur Prancis dan merupakan produsen besar dalam produksi anggur kendi di Lembah Tengah California, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, anggur ini telah dilahirkan kembali sebagai anggur unggulan bagi banyak gudang bawah tanah di selatan. Prancis dan Catalonia, Spanyol.

Ampelografer percaya bahwa anggur kemungkinan berasal dari Cariñena, Aragon dan kemudian dipindahkan ke Sardinia, di tempat lain di Italia, Prancis, Aljazair, dan sebagian besar Dunia Baru. Varietas ini secara historis merupakan komponen campuran anggur merah Rioja. Dari Spanyol, ia menjadi terkenal di Aljazair dan memberi makan produksi ekspor negara itu ke Prancis. Setelah Aljazair merdeka pada tahun 1962, pasokan Perancis untuk anggur Carignan terputus dan petani di Prancis Selatan mulai menanam anggur untuk produksi mereka sendiri. Keunggulan anggur di Prancis mencapai titik tertinggi pada tahun 1988 ketika menyumbang 167.000 hektar (410.000 hektar) dan merupakan varietas anggur yang paling banyak ditanam di Perancis. Tahun itu, dalam upaya untuk meningkatkan kualitas keseluruhan anggur Eropa dan untuk mengurangi fenomena danau anggur yang berkembang, Uni Eropa memulai skema tarik anggur yang agresif di mana pemilik kebun anggur ditawari subsidi tunai sebagai imbalan untuk menarik tanaman anggur mereka. Dari semua varietas anggur Perancis, Carignan adalah tanaman yang paling banyak terkena dampak pada tahun 2000 hingga 95.700 ha (236.000 hektar) dan dikalahkan oleh Merlot sebagai anggur yang paling banyak ditanam.

Popularitas Carignan sebagian besar terkait dengan kemampuannya untuk menghasilkan hasil yang sangat besar dalam kisaran 200 hl / ha (11 ton / hektar). Anggur memang menghadapi bahaya vitikultural yang signifikan dengan sensitivitas yang signifikan terhadap beberapa bahaya vitikultural termasuk busuk, embun tepung, jamur berbulu halus, dan cacing anggur. Carignan adalah anggur yang matang dan matang yang membutuhkan iklim hangat untuk mencapai kematangan fisiologis penuh. Pohon anggur juga mengembangkan batang yang sangat tebal di sekitar kelompok anggur yang membuat panen sulit. Ia memiliki kebiasaan tumbuh yang lurus dan dapat tumbuh tanpa terali.

Mutasi anggur putih yang dikenal sebagai Carignan blanc dan Carignan gris pink-berried juga ada di Roussillon di penanaman kecil sekitar 411 hektar (1.020 hektar) dan 1 hektar (2,5 hektar), masing-masing, dilaporkan pada tahun 2008.